Kiosk IKM adalah sebuah mesin IKM berbentuk Kiosk yang dilengkapi dengan layar touchscreen dan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat. Memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap masing-masing unsur yang telah ditetapkan (IKM Survey Panel) dengan hasil penilaian dapat dilihat langsung dalam bentuk grafik. Dilengkapi juga dengan aplikasi back office bagi penyelenggara pelayanan untuk monitoring & pelaporan kuantitas serta pelaporan kualitas yang dapat disajikan secara periodik. Mesin IKM System ini dapat diintegrasikan dengan existing sistem yang dapat digunakan sebagai sumber data responden.

Dimaksudkan sebagai acuan bagi unit pelayanan instansi pemerintah dalam menyusun indeks kepuasan masyarakat dengan tujuan mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menentukan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Bagi masyarakat, indeks kepuasan masyarakat dapat merepresentasikan tentang kinerja pelayanan publik yang bersangkutan.

Sasaran Pencapaian

Sasaran pencapaian dari penerapan IKM System ini antara lain:

  • Tingkat pencapaian kinerja unit pelayanan instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat;
  • Penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan, sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara lebih berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna;
  • Tumbuhnya kreativitas, prakarsa dan peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan kualias pelayanan publik.

Klien Kami

Beberapa klien yang telah menggunakan produk ini antara lain:

  • Kantor Imigrasi Pemalang
  • Kantor Imigrasi Wonosobo
  • Kantor Imigrasi Yogyakarta
  • Kantor Imigrasi Maumere
  • Kantor Imigrasi Bekasi
  • Kantor Imigrasi Depok
  • Kantor Imigrasi Tanjung Balai Asahan

Manfaat

Dengan tersedianya data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara periodik, maka manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

  • Mengetahui kelemahan atau kekurangan masing-masing unsur dalam pelayanan publik;
  • Mengetahui kinerja pelayanan publik;
  • Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya yang perlu dilakukan;
  • Mengetahui indeks kepuasan masyarakat yang menyeluruh terhadap hasil pelayanan publik;
  • Memacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan publik;
  • Bagi masyarakat dapat mengetahui gambaran tentang unit pelayanan yang bersangkutan;